FAQ Agen

FAQ Agen adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Agen. Disarankan untuk melihat FAQ lainnya seperti FAQ Umum, FAQ Mitra, dan FAQ Konsumen.
  1. Apa yang dimaksud dengan Agen ngooyak?

    Agen ngooyak adalah orang yang telah mendaftar dan memenuhi segala persyaratan menjadi Agen dan telah diberikan hak sesuai dengan jangka waktu keagenannya (tahun) oleh pengelola aplikasi ngooyak untuk menggunakan kode referensinya (sebagai referensor) dalam melakukan perekrutan dan pengelolaan mitra/agen baru.

  2. Apa yang dimaksud dengan Agen Referensor?

    Agen Referensor adalah Agen yang memberikan kode referensinya kepada orang lain untuk digunakan pada saat mendaftar ke dalam aplikasi ngooyak sebagai Agen/Mitra baru.

  3. Apa yang dimaksud dengan Agen Referensi?

    Agen referensi adalah orang yang terdaftar sebagai Agen ngooyak dengan menggunakan kode referensi dari Agen Referensor

  4. Kenapa ngooyak membuka kesempatan menjadi agen?

    Ngooyak memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan manfaat lebih dari bisnis teknologi aplikasi online khususnya jasa layanan transportasi (motor/mobil/rodatiga/barang) tanpa harus mengeluarkan modal besar.

  5. Apa manfaat menjadi Agen ngooyak?

    Ada 2 manfaat utama menjadi Agen ngooyak, yaitu :

    1. Mendapatkan penghasilan dari Bagi Hasil atas omzet yang didapat dari Mitra Referensinya langsung.
    2. Contoh : Agen A memiliki 1000 Mitra dengan omzet harian rata-rata sebesar Rp. 100.000,-/Mitra atau sebesar Rp, 100 juta/hari. Maka apabila Agen A memiliki Hak Bagi Hasil atas Omzet sebesar 3%, maka pendapatannya adalah Rp. 3 juta/hari atau 90 jt/bulan

    3. Mendapatkan penghasilan dari Bagi Hasil atas transaksi konsumen Referensinya langsung.
    4. Contoh Agen A memiliki 1000 konsumen dengan transaksi harian rata-rata sebesar Rp. 50.000,-/ Konsumen atau sebesar Rp, 50 juta/hari. Maka apabila Agen A memiliki Hak Bagi Hasil atas transaksi konsumen sebesar 2%, maka pendapatannya adalah Rp. 1 juta/hari atau 30 jt/bulan

    5. Mendapatkan tambahan Bonus apabila mendapatkan Agen Baru, yaitu berupa prosentase dari Biaya Pembelian Hak Keagenan sesuai regulasi Keagenannya
    6. Contoh : Agen A setiap bulannya mendapatkan 5 orang yang mendaftar dan disetujui sebagai Agen type Platinum berjangka waktu 3 tahun. Maka Agen A berhak atas Bonus sebesar : 25% x (5 orang x 3 tahun x Rp. 4 juta)/bulan = 15 juta/bulan atau 180 juta/tahun
      Catatan : Agen A tidak mendapatkan Omzet atas Mitra yang berada di bawah Agen Referensinya (Mitra yang berada di bawah kendali 5 Agen baru tersebut)

  6. Apakah Agen mendapatkan manfaat dari semua jenis Mitra yang ada, yang diangkat menggunakan kode referensinya?

    Tidak. Agen hanya mendapatkan manfaat dari jasa layanan jenis Transportasi. Agen tidak mendapatkan manfaat dari Mitra Makanan (kedai), Mitra Tiket, maupun jenis Mitra lainnya yang bukan transportasi.

  7. Apa saja jenis Agen ngooyak?

    1. Agen Silver/Gratis
    2. Pembelian Hak menjadi Agen Gratis adalah sebesar Rp. 0,-/tahun (GRATIS) dengan manfaat :
      • mendapatkan bagi hasil sebesar 1% atas omzet Mitra Referensinya selama jangka waktu (bulan/tahun) keagenannya
      • Mendapatkan bonus apabila mendapatkan Agen non Gratis berdasarkan Referensinya sebesar 10% x biaya pembelian Hak menjadi Agen non Gratis x jangka waktu (bulan/tahun) Agen Referensinya
      • mendapatkan bagi hasil sebesar 1% atas transaksi Konsumen Referensinya selama jangka waktu (bulan/tahun) keagenannya.
    3. Agen Platinum
    4. Pembelian Hak menjadi Agen Gratis adalah sebesar Rp. Rp. 2.000.000,-/tahun dengan manfaat :
      • Mendapatkan bagi hasil sebesar 3% atas omzet Mitra Referensinya selama jangka waktu (bulan/tahun) keagenannya.
      • Mendapatkan bonus apabila mendapatkan Agen non Gratis berdasarkan Referensinya sebesar 20% x biaya pembelian Hak menjadi Agen non Gratis x jangka waktu (bulan/tahun) Agen.
      • Mendapatkan bagi hasil sebesar 2% atas transaksi Konsumen Referensinya selama jangka waktu (bulan/tahun) keagenannya.
    Catatan : Dimungkinkan terjadi perubahan Biaya pembelian Hak Agen per 1 September 2017

  8. Bagaimana cara menjadi Agen ngooyak dan apa saja syaratnya?

    Cara dan syarat menjadi Agen ngooyak adalah :

    • Memiliki KTP atau Paspor yang masih berlaku.
    • Mengunduh aplikasi ngooyak agen di playstore android atau appstore IOS.
    • Mendaftar sebagai Agen dengan mengisi data yang diminta pada aplikasi ngooyak agen dengan lengkap dan benar termasuk kode Agen Referensor dan nomer rekening bank (apabila diminta) untuk melakukan pemindahbukuan atas pendapatannya sebagai Agen.
    • Memilih jenis keagenan (gratis (silver) /platinum).
    • Memilih jangka waktu keagenan (bulan/tahun).
    • Mengaktifkan akun doompet dengan melakukan pembayaran atas biaya hak keagenan sesuai dengan jenis Agen dan jangka waktu keagenan yang dipilih melalui transfer perbankan atau jaringan pembayaran lainnya (tidak berlaku untuk Agen Gratis).

  9. Apa yang sebaiknya dilakukan setelah menjadi Agen ngooyak?

    Agen ngooyak (agen referensor) disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut untuk memaksimalkan pendapatan :

    • Untuk hasil maksimal di setiap bulannya, agen sebaiknya mengelola minimal 200 konsumen dan 100 mitra transportasi.
    • Agen disarankan untuk memiliki team marketing yang mempromosikan pendaftaran Mitra secara online maupun secara manual dengan pemberian target harian untuk mendapatkan Konsumen/Mitra/Agen referensi dimana team marketing diberikan tugas antara lain :
      • Memperkenalkan dan menginformasikan manfaat aplikasi ngooyak kepada calon Mitra/Agen maupun pengguna di daerahnya
      • Membantu pendaftaran Mitra mapun Agen yang berminat dengan menggunakan kode Agen Referensor
      • Mendapatkan pemasukan dari iklan di wilayahnya
      Contoh manfaat memiliki marketing :
      Agen A mengangkat 2 orang staf marketing dengan target masing-masing staf adalah mendapatkan 20 konsumen dan 10 mitra setiap harinya dengan pengenalan langsng atau melalui media sosial.
    • Memiliki team support untuk membantu Mitra Referensinya dalam pengurusan surat ijin di wilayahnya (SIM, STNK, KIR dan ijin lainnya) bila diperlukan.
    • Menjaga situasi kondusif Mitra/Agen referensinya.
    • Melakukan koordinasi berkala dengan team Marketing, team support maupun Mitra/Agen referensinya dan menyampaikan informasi mengenai kebijakan dan regulasi terbaru yang diterapkan oleh pengelola aplikasi ngooyak secara tepat dan benar termasuk informasi mengenai standar layanan dan peraturan pemerintah yang berlaku.
    • Melakukan komunikasi aktif dengan pengelola aplikasi ngooyak untuk mengatasi kendala yang mungkin terjadi dalam hal perekrutan dan pengelolaan Mitra/Agen referensinya.

  10. Apakah Agen dibatasi wilayah?

    Agen dengan menggunakan kode referensinya dapat mengangkat Mitra/Agen lain di luar wilayahnya di seluruh indonesia.

  11. Berapa lama jangka waktu keagenan?

    Jangka waktu keagenan saat ini adalah minimal 1 bulan hingga maksimal 5 tahun dan dapat diperpanjang dengan persyaratan tertentu. Beberapa persyaratan perpanjangan jangka waktu keagenan :

    1. Keagenan Agen Gratis/Silver dapat diperpanjang pada tahun ke-2 bila memenuhi syarat perpanjangan : Keagenan Agen Gratis/Silver akan diperpanjang otomatis bila memiliki minimal 100 konsumen dan 50 mitra di 3 (tiga) bulan pertama dan memiliki total 200 konsumen serta 100 mitra di akhir masa 1 (satu) tahun keagenannya. KeagenanAgen Gratis/Silver akan non aktif secara otomatis apabila tidak memenuhi persyaratan minimal jumlah konsumen dan mitra yang telah disebutkan di atas dan Agen Gratis/Silver yang telah dinonaktifkan tidak mendapatkan kompensasi apapun atas tindakan penonaktifan tersebut dan seluruh Konsumen/Mitra/Agen yang dikelola akan dialihkan pengelolaanya ke perusahaan
    2. Keagenan Agen Platinum dapat diperpanjang setiap bulan/tahun nya selama Agen tersebut membayar perpanjangan biaya keagenan platinum nya tepat waktu. Apabila Agen Platinum tidak melakukan pembayaran perpanjangan keagenan platinum nya dalam jangka waktu 30 hari setelah masa keagenan platinum nya berakhir, maka keagenan Agen Platinum nya akan non aktif secara otomatis dan Agen Platinum yang telah dinonaktifkan tidak mendapatkan kompensasi apapun atas tindakan penonaktifan tersebut dan seluruh Konsumen/Mitra/Agen yang dikelola akan dialihkan pengelolaanya ke perusahaan

  12. Apakah keagenan dapat di upgrade?

    Keagenan Agen Gratis/Silver dapat di dinaikkan statusnya (upgrade) menjadi Agen Platinum apabila bersedia membayar biaya peralihan keagenan sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah) beserta biaya keagenanAgen Platinumselama minimal 3 (tiga) tahun sekaligus di muka sesuai dengan tarif/biaya keagenan yang berlaku saat Agen tersebut akan melakukan kenaikan status (upgrade). Kenaikan status (upgrade) Agen Gratis/Silver menjadi Agen Platinum hanya dapat dilakukan sepanjang kuota keagenan Platinum masih tersedia.

  13. Apakah diperbolehkan membeli lebih dari 1 keagenan?

    Untuk saat ini, orang yang sama dengan menggunakan KTP atau Paspornya diperbolehkan membeli Hak Keagenan hingga maksimal 5 Hak dengan menggunakan nomer telepon yang berbeda sepanjang memenuhi persyaratan Agen.

  14. Informasi apa yang didapat dari aplikasi ngooyak Agen?

    Aplikasi ngooyak Agen memberikan informasi seketika (real time) sebagai berikut :

    • Informasi perkembangan jumlah Konsumen Referensinya.
    • Informasi perkembangan jumlah Mitra Referensinya.
    • Informasi jumlah Mitra Referensinya yang aktif dan non aktif.
    • Informasi pendapatan Agen dari transaksi Mitra Referensinya sesuai jenis keagenannya.
    • Informasi pendapatan Agen dari transaksi Konsumen Referensinya sesuai jenis keagenannya
    • Informasi pendapatan Agen atas Bonus mendapatkan Agen referensinya.

  15. Pendapatan terbesar Agen berasal darimana?

    Pendapatan terbesar Agen adalah dari transaksi harian Konsumen dan Mitra Referensinya. Semakin banyak Konsumen dan Mitra yang didapat dengan menggunakan kode referensinya si Agen maka semakin besar potensi transaksi yang dilakukan oleh Mitra Referensinya yang berimbas kepada semakin besarnya pendapatan Agen.

  16. Apabila seorang Agen Referensor mendapatkan Agen baru yang mendaftar dengan menggunakan kode referensinya (Agen Referensi), apakah Agen Referensor tersebut mendapatkan manfaat dari Omzet Mitra yang didapat oleh Agen Referensinya ?

    Tidak. Agen Referensor hanya mendapatkan manfaat dari Omzet Mitra referensinya langsung (Mitranya Agen Referensor), bukan dari Omzet Mitranya Agen Referensi.

  17. Dengan adanya bagi hasil atas omzet Mitra kepada Agen Referensor, apakah berarti Mitra menyetorkan pendapatannya ke Agen Referensor?

    Mitra tidak menyetorkan pendapatannya secara langsung ke Agen Referensor. Setiap transaksi yang diperoleh Mitra ada komponen bagi hasil dengan pengelola ngooyak (perusahaan) yang dipotong langsung dari deposit Mitra setelah transaksi selesai. Pendapatan yang diterima oleh perusahaan inilah yang sebagian adalah Haknya Agen Referensor. Contoh : Apabila bagi hasil antara Mitra dengan Perusahaan adalah 90 : 10, dimana Mitra tersebut menggunakan kode referensi dari Agen jenis Platinum, maka 90% adalah pendapatan Mitra dan 10% adalah pendapatan yang dibagi antara Perusahaan dengan Agen Referensor jenis Platinum (Perusahaan mendapatkan 7% dan Agen Referensor Platinum mendapatkan 3%)

  18. Apakah Agen dibatasi dalam mendapatkan Konsumen, Mitra atau Agen baru?

    Tidak ada pembatasan. Setiap Agen diperbolehkan mendapatkan Konsumen/Mitra/Agen baru sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi wilayah maupun jumlah. Semakin banyak Agen mendapatkan Konsumen/Mitra yang mendaftar dengan menggunakan kode referensinya, maka semakin besar potensi pendapatan Agen dari hasil transaksi konsumennya maupun dari omzet harian Mitra. Demikian pula apabila semakin banyak Agen mendapatkan Agen baru yang mendaftar dan disetujui untuk menjadi Agen dengan menggunakan kode referensinya, maka semakin besar Bonus yang didapat oleh Agen Referensor.

  19. Apakah Agen berpola seperti MLM?

    Tidak ada penerapan pola multi jenjang dalam pendapatan Agen. Agen hanya mendapatkan manfaat transaksi dari konsumen dan Mitra yang mendaftar dengan menggunakan kode referensinya (Konsumen/Mitra referensi) langsung dan mendapatkan manfaat bonus dari Agen baru yang terdaftar dengan menggunakan kode referensinya (Agen referensi) langsung. Agen tidak mendapatkan manfaat dari Konsumen/Mitra yang didapat oleh (berada di bawah) Agen referensinya.

  20. Apakah keagenan dapat di batalkan dan apakah ada pengembalian uang apabila dibatalkan untuk Agen yang non Gratis?

    Seseorang yang telah disetujui menjadi Agen tidak dapat membatalkan/melakukan perubahan apapun terhadap keagenannya dan tidak ada pengembalian uang atau pemberian kompensasi apapun terhadap kesalahan yang terjadi.

  21. Apakah Agen harus memiliki kantor?

    Agen tidak diwajibkan memiliki kantor karena semua laporan transaksi dari Mitra referensinya tersedia melalui aplikasi ngooyak Agen di dalam handphone nya.

  22. Apabila saldo doompet ingin diambil, bagaimana caranya?

    Agen dapat mengambil saldo doompetnya dengan mengajukan permohonan kepada pengelola melalui email agenngooyak@gmail.com atau melalui +62.251.8338671 dengan terlebih dahulu dilakukan verifikasi atas data agen. Pemindahan saldo dilakukan dalam waktu minimal 3 x 24 jam dan maksimal 7 x 24 jam ke rekening perbankan milik Agen setelah verifikasi disetujui. Minimal saldo yang dapat diambil adalah sebesar Rp. 500.000,- tanpa batas maksimal dan sisa saldo doompet yang harus disisakan oleh Agen setelah melakukan pengambilan saldo adalah sebesar Rp. 500.000,-. Setiap transaksi pemindahbukuan saldo doompet ke rekening perbankan milik Agen dikenakan biaya transfer sesuai regulasi yang berlaku.

  23. Apakah Agen dapat menjadi Mitra maupun Pengguna?

    Agen hanya diperbolehkan mendaftar sebagai Pengguna dengan nomer Telepon yang sama. Apabila Agen ingin menjadi Mitra maka harus mendaftar dengan menggunakan nomer Telepon yang berbeda dengan nomer yang telah didaftarkan sebagai Agen.

  24. Apa yang terjadi bila Agen tidak memperpanjang masa keagenannya?

    Agen yang tidak memperpanjang masa keagenannya, maka seluruh Konsumen dan Mitra beserta seluruh transaksi yang terjadi setelah masa keagenannya berakhir akan otomatis beralih menjadi milik pengelola (perusahaan)